Jumat, 23 Maret 2018

Published 11.39 by with 0 comment

Makanan Lokal Favorit Orang Asing

Makanan Lokal Favorit Orang Asing

Lama berdomisili di Inggris, koki Petty Elliott sudah biasa menyajikan makanan Indonesia kepada orang asing. Petty yang juga menulis buku Papaya Flower dan Jakarta Bites ini juga sering diajak untuk mempromosikan makanan Indonesia dalam forum internasional, seperti Frankfurt Book Fair. 

Pada kesempatan tersebut Petty mengamati respon orang asing terhadap makanan Indonesia. 

"Saya masak untuk orang yang belum pernah ke Indonesia tau belum pernah coba makanan Indonesia. Orang selalu pilih rendang," kata Petty saat di acara bercita rasa di Ubud Food Festival 2018 dengan ABC di GlassHouse, Jakarta, Jumat (23/3/2018). 

Padahal, kata Petty, ia biasa memasak beberapa jenis makanan Indonesia dari berbagai daerah. Misalnya makanan Betawi atau makanan Manado. Namun rendanglah yang selalu menarik perhatian orang asing. 

"Mungkin karena rendang ini mirip kari, orang di seluruh dunia tahu kari tetapi mungkin rendang ini rempahnya unik, tidak bikin enek seperti kari Thailand atau Afrika. Cita rasanya sendiri pas, mudah dterima oleh semua orang," kata Petty. 

Padahal kalau bicara penampilan, rendang bisa dibilang tidak semenarik makanan lain dari Indonesia yang terdiri dari berbagai unsur warna dan tekstur yang menggiurkan. 

"Memang sih tampilannya berwarna coklat semua, tetapi mungkin itu juga yang membuat unik," jelas Petty. Apalagi saat ini ia mengatakan sedang menjadi tren di dunia kuliner, makanan dengan tagar #uglydelicious atau berpenampilan kurang menarik tetapi memiliki rasa lezat. 

Dari pengalaman memasak di luar negeri, Petty juga menemukan orang asing sebenarnya doyan makanan Indonesia. 

"Mereka selalu menerima, dan merasa wow kenapa tidak ada restoran Indonesia di luar negeri. Mungkin ada tetapi tidak banyak dan tidak signifikan, tidak membuat tren," kata Petty. 

Rendang sendiri merupakan makanan yang pernah menyabet peringkat pertama makanan terlezat di dunia versi CNN sejak 2011.
      edit

0 komentar:

Posting Komentar